5 Makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba, simak!

Membahas seputar makanan untuk menu buka puasa memang selalu menjadi hal yang menarik, apa lagi jika kalian para  ibu-ibu yang sedang mencari referensi makanan untuk dibuat. Jangan khawatir, karena di negara kita Indonesia terdapat berbagai macam jenis makanan khas dari setiap masing-masing daerahnya. Beberapa daerah lebih memilih empertahankan resep yang sudah ada hingga turun temurun, namun beberapa daerah lainnya lebih memilih untuk mengembangkan makanan tersebut. Nah kali ini kami akan menyajikan informasi seputar 5 makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba, bagi kalian yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

1.Sate dan Tongseng Petir

Makanan yang pertama ini memiliki nama yang cukup unik didengar yaitu Sate dan Tongseng petir. Jika kalian berkunjung ke kota Jogja, maka kalian wajib mencicipi makanan ini. Kalian bisa menemukan sate dan tongseng petir di daerah Ringroad Selatan. Oh ya, makanan ini juga merupakan makanan yang paling disukai oleh pecinta makanan pedas, apa lagi makanan ini memiliki rasa pedas yang cukup khas. Pada dasarnya makanan ini terbuat dari daging kambing yang diolah bersma bumbu pedas yang khas, kami sangat merekomendasikan sate dan tongseng petir kepada kalian.

2.Yangko

Selanjutnya ada yangko yaitu makanan khas Jogja yang masuk ke dalam kategori makanan ringan. Makanan ini memiliki bahan dasar tepung ketan, dengan memiliki bentuk kotak dan baluran tepung ketan. Makanan ini sangat populer dilidah orang Jogja, bahkan makanan ini sudah cukup menyebar luas di beberapa daerah di Indonesia. Makanan ini memiliki tekstur yang lunak atau kenyal dan memiliki rasa yang cenderung manis. Makanan ini juga dicampur dengan menggunakan cincangan kacang, sehingga mirip dengan kue moci yaitu makanan khas Jepang. Nah, apakah kalian tertarik untuk mencicipi yanko?

3.Cilok Gajahan

Beralih kepada makanan khas Yogyakarta selanjutnya yaitu cilok gajahan. Sebenarnya makanan ini merupakan makanan khas Jawa Barat, hanya saja makanan ini sangat terkenal di daerah Yogyakarta sehingga orang-orang mengira bahwa cilok gajahan berasal dari Jogja. Bahkan saking terkenalnya makanan ini banyak sekali orang yang memulai usaha dengan gerobak tetapi sudah memiliki cabang yang banyak. Sebenarnya cilok gajahan merupakan inovasi dari pada cilok khas Jawa Barat, maka dari itu cilok gajahan sedikit memiliki rasa yang berbeda.

4.Cenil

Kalau makanan yang ini sih sudah tidak perlu dijelaskan lagi rasanya, apa itu? Ya, cenil. Cenil sendiri merupakan makanan khas Jogja yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Makanan ini memiliki bahan dasar pati ketela pohon. Makanan ini memiliki bentuk bulat-bulat yang tidak sempurna, serta memiliki warna yang bervariasi. Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan parutan kelapa, kalian bisa menemukan makanan ini dipasar-pasar, atau dipinggiran kota Jogja.

5.Geplak

Makanan khas Jogja yang akan kita bahas terakhir yaitu geplak. Mendengar namanya memang cukup sadis, namun makanan ini merupakan makanan tradisional yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Makanan ini terbuat dari kelapa yang diparut dan dicampur dengan tepung serta gula. Hampir sama dengan makanan sebalumnya yaitu cenil, geplak juga berbentuk bulat tidak sempurna dan memiliki warna yang bervariasi. Makanan ini sangat cocok untuk menemani waktu bersantai kalian berasama keluarga, teman atau pasangan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar 5 makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencicipi salah satunya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *