Jenis Jenis Televisi yang Ada Saat Ini

Televisi dengan berbagai acaranya merupakan salah satu sarana hiburan yang dinikmati banyak orang di Indonesia. Dari mulai film, berita, hingga pertandingan pertandingan olahraga tertentu bisa dinikmati di televisi baik itu yang terestrial maupun yang berbayar. Dan meski saat ini popularitas acara tv sudah mulai meredup seiring kehadiran youtube dan yang sejenisnya akan tetapi masih sangat banyak orang yang tiap harinya ada di depan layar tv untuk menontonnya.

Berbicara tentang televisi tentunya tak lepas dari jenis tv itu sendiri. Sejak kemunculan tv pertama kali pada lebih dari 100 tahun yang lalu hingga kini televisi terus mengalami perkembangan baik dari segi bentuk, ukuran maupun teknologi yang digunakan. Dan untuk saat ini jenis jenis tv yang ada di pasaran dan masih dipergunakan cukup banyak orang diantarany adalah sebagai berikut :

1.  Televisi Tabung

Televisi tabung yang menggunakan Cathode Ray Tube (CRT) bisa dibilang merupakan televisi dengan teknologi lama, dengan Tabung pada bagian belakang berfungsi sebagai tempat layar dan proyeksi. Gambar yang  dihasilkan berasal dari electron yang dipancarkan melalui proyektor. Tv tabung umumnya berukuran besar dan berat sehingga memakan cukup banyak ruangan, daya dari tv taung juga lebih boros dibandingkan tv jenis led maupun lcd. Banyak orang yang beranggapan bahwa tv tabung ini suda ketinggalan zaman dan mulai beralih ke jenis televisi lainnya. Akan tetapi meski demikian tv jenis ini memiliki sejumlah kelebihan misalnya saja harganya yang lebih murah, angle view yang cukup baik serta receptor yang cukup baik untuk menerima siaran di daera terpencil.

2. Plasma TV

Televisi jenis ini menggunakan plasma (sejenis gas yang dapat memisahkan elektron dari inti atom) untuk memproduksi gambar pada TV. TV ini terdiri dari dua lembar kaca dan terdapat campurang gas diantara lapisannya. Gas ini di masukan dan ditutup dalam plasma. Saat ada aliran listrik gas ini akan beraksi dan menghasilkan bayangan pada pixel layar. Kelebihan dari tv ini yakni memiliki sudut pandang yang lebih lebar dan tingkat kontras yang tinggi, serta harganya lebih murah dibandingkan LCD maupun LED tv. Sedangkan untuk kekurangannya yakni boros daya listrik dan bobot yang cukup berat selain itu kualitas gambar dari tv plasma akan menurun seiring dengan penggunaannya dalam waktu yang lama.

3. Televisi LCD

Televisi jenis ini cukup banyak digunakan orang orang saat ini. Tv ini mengandung liquid crystal dan karena Liquid crystal ini tidak mempunayi cahaya sendiri sehingga memerlukan cahaya eksternal untuk menghasilkan gambar. Kelebihan dari televisi LCD ini selain ukurannya yang cukup tipis diantaranya adalah membutuhkan daya listrik yang cukup rendah serta menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan tv tabung dan tv plasma. Sedangkan untuk kekurangan dari tv LCD antara lain adalah angle view (sudut pandang) yang kurang baik dimana kualitas gambar menurun apabila dilihat dari sudut yang lebih lebar, disamping itu Refresh & Response Rate dari tv ini Lebih rendah dari TV Tabung & Plasma TV. Harga TV jenis ini umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan tv tabung dan plasma serta lebih murah jika dibandingkan dengan LED tv.

4. LED TV

LED TV merupakan tv dengan teknologi terbaru yang memilik cukup banyak kelebihan dibandingkan tv jenis lainnya. Beberapa kelebihan televisi LED ini diantaranya adalah hemat daya listrik, Ukuran lebih tipis dan ringan dibandingkan tv jenis lainnya, ketajaman gambar dan sudut pandang gambar yang bagus. Adapun kelemahan dari tv jenis ini adalah pada harganya yang relatif lebih mahal dibanding tv tabung, plasma maupun LCD.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *